Langsung ke konten utama

Transaksi dengan Mesin Pembayaran




Seringnya melihat saya melakukan transaksi pembayaran dengan kartu, Gendhis begitu tertarik untuk mengikutinya. Apalagi setelah saya pinjamkan kartu-kartu yang sudah tidak terpakai lagi. Imajinasinya sungguh luar biasa, dia mengikuti memainkan pembayaran dengan kartu, menggesekkannya pada salah satu kardus yang saat itu dia dapatkan. Hal ini yang kemudian menjadi ide untuk membuatkan Mesin EDC (mesin pembayaran dengan kartu).

Permainannya sangat sederhana, dibuatnya juga mudah dan dapat dimainkan berulang kali. Manfaat dari permainan ini adalah memfasilitasi si kecil untuk menumbuhkan daya imajinasinya. 

IDE MAIN

Bahan yang diperlukan:

Kardus bekas dibentuk sesuai ukuran mesin EDC, Gunting, Lem, Selotip, (jika diperlukan), Spidol.

Cara Membuat dan Bermain:

Kardus yang sudah dibentuk sesuai ukuran mesin EDC kemudian diberikan tulisan angka-angka yang mirip dengan mesin EDC.

Bermain dengan kartu-kartu yang sudah tidak terpakai, dengan cara menempelkan atau menggesekkan kartu tersebut ke mesin, kemudian memencet angka-angka yang tertera, sesuai imajinasi si kecil. Jika si kecil belum pernah melihat cara transaksi tersebut, mungkin dapat diberikan pengarahan untuk cara bermainnya.

Hasil bermain dengan Gendhis:

- Gendhis tertarik dan senang sekali memainkannya
- Dia sudah mengerti cara menggunakannya, menggesek atau menempelkan kartu pada mesin dan memencet angka-anka yang dia sebut ‘PIN’, hehe
- Dia memainkannya berulang kali jika sedang melakukan permainan jual beli

Sederhana bukan? Tentunya ide-ide membuatkan permainan untuk si kecil dapat muncul saat kita mendampingi si kecil. Permainan dapat disesuaikan dengan usia dan juga kebutuhan pertumbuhan si kecil. Tidak harus membelinya, kita bisa membuatnya dengan sederhana. Menurut saya, hal itu yang menumbuhkan daya imajinasi si kecil untuk menggunakan alat bermainnya yang sederhana.

Selamat bermain dengan si kecil tercinta 😀

Komentar

Posting Komentar